Kamis, 08 Januari 2009

buku bodoh


kemarin malam seorang teman mengajakku ke sebuah toko buku di jalan hayam wuruk, sekedar menemani dan mengisi malam yang kosong. toko buku kecil yang berisi ratusan buku itu seperti sebuah surga bagi temanku yang suka membaca, entah kenapa dari dulu aku hanya menyukai komik..

setelah berkeliling melihat buku2 dari majalah hingga komik, tidak ada satupun alasan yang terpikirkan untuk membeli buku. kesukaanku menikmati gambar dengan mengesampingkan karya tulis selalu menjadi pemicu semua kebiasaan bodohku. tidak suka membaca menjadi 1 fakta yang pasti dalam perjalananku hidupku. semasa sekolah dan kuliah koleksi komikku 10 x lipat dari buku2 pelajaran, novel, cerpen dll.. komik adalah suatu fantasi yang menyenangkan, suatu hal yang membahagiakan sekaligus tempat pelarian dari dinamika kehidupan. suatu imaji yang tergambarkan secara jelas dan sangat mudah untuk dimengerti merupakan alasanku selama ini dalam keberpihakanku kepada komik. aku lemot, susah mengerti hal2 yang dijelaskan dengan tulisan..

hujan pun turun, terkurung di toko buku yang kecil. kembali berkeliling dan tetap tak menemukan motivasi. seperti orang bodoh ditempat yang salah.. hujan belum berhenti, jantung juga masih berdetak, sembari melihat majalah arsitektur yang bertajuk mengenai arsitektur di 2009..

2009.. tahun yang baru.. tahun pemilu.. resolusi.. membaca??? boleh dicoba, toh belum ada keputusanku mengenai resolusiku tahun ini.. hujan mereda.. aku membeli novel di awal tahun ini...

kadang kebiasaan bodoh juga diiringi dengan alasan yang bodoh pula..

3 komentar:

  1. novel apa?? karena saya sedang malas membaca, nanti ceritakan isinya ke saya ya... :D

    BalasHapus
  2. Ndut, sini deh gw kasi tau, secara gw pustakawan gitu loooh... (hihihi..lebaaayyy!)

    Lo baca ini sampe abis, yak. Seenggaknya latian membaca yang susah-susah. Hehehe.

    Ndut, salah satu cara mengajak seseorang membaca adalah dengan menemukan subjek yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan orang tersebut.

    Kalau ada orang yang minat maenan radio kontrol, awali kebiasaan membacanya dengan ngasih manual perakitan maenannya itu. Atau kalo ada yg doyan masak, kasih aja buku resep.

    Nah, karena lo suka komik, gak apa-apa kok baca komik, bukannya novel atau buku teks/ilmiah. Nah, karena lo udah mulai sadar perlu baca yang setingkat lebih tinggi lagi, mulai aja baca koleksi komik Beny & Mice, atau kumpulan karikatur ala kompas.

    Setelah itu, sekali-kali cek jadwal cineplex di koran. Sambil lalu, lama-lama lo bakal tertarik sama headline-headlinenya.

    Pelan-pelan aja, mulai dari majalah juga oke tuh.

    Atau, biar lebih tokcer, gimana kalo lo baca buku "Langsing dalam 30 Hari"??

    Huehehehehe.....!!!

    BalasHapus
  3. hahaha... yang gw baca "langsing dalam 20 tahun" belum tamat2 hahahaha.. btw thanks 4 the tips, akan gw coba hehehehe, maap2 nih gw g bisa ngasih tips balasan secara gw belon kawin hahahaha..

    BalasHapus